Kamis, 25 September 2014

Biar Bersinar

Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan.
Setiap orang punya visi dan misi yang beda.
Meskipun terlihat sama, pasti masing-masing ada celanya.
Ketika musim berganti, maka saat itu kau harus bersiap dengan perubahan.
Ketika musim berganti, maka setiap sisi kehidupan pun akan berubah.
Entah dia menjadi menguntungkanmu, atau malah merugikanmu. Akan menyelamatkanmu, atau malah menjerumuskanmu.
Ketika musim berganti, maka jangan heran jika perlakuan dunia terhadapmu tak lagi sama.
Entah dia akan membantumu, atau malah memanfaatkanmu untuk kepentingannya sendiri. Akan menguatkanmu, atau malah meninggalkanmu seakan tak mau tahu.
Begitulah salah satu sisi dari kehidupan. Selalu akan ada yang naik dan ada yang turun. Ada yang maju dan ada yang mundur.
Seandainya setiap orang punya rasa yang sama di atas beda, mungkin takkan pernah ada orang yang merasa direndahkan atau diremehkan.
Seandainya setiap orang punya rasa yang sama di atas kepentingan, mungkin takkan pernah ada orang yang merasa dikecewakan.
Seandainya setiap orang punya hati yang sama, mungkin mereka akan berjalan beriringan, saling bergandengan, mengulurkan tangan.
Dan seandainya...

Mungkin jika engkau mau melupakan perbedaan| mencoba tuk menerima semua yang telah digariskan| jangan berhenti di persimpangan jalan| banyak yang dapat kau lakukan, kawan.
Mungkin jika kita mau sejenak tuk dengarkan| apa yang telah selama ini mereka percoba teriakkan| jangan ragu untuk sekedar ulurkan tangan| semoga dapat ringankan sedikit beban.
Dan biarkan tetap bersinar di hatimu| cahayanya walaupun redup|senantiasa menghangatkan| menjaga agar tetap terang di hatimu| menuntun kemana arah yang akan kau tuju (the rain-biar bersinar).

Meskipun tak lagi sama, dunia yang takkan lagi dirasa sama, biarkan tetap menjadi berbeda.
Dunia yang dulu, kini menjadi asing, biarkan saja.
Dunia yang dulu dirindukan, kini nyaris terlupakan, biarkan saja.
Toh, dunia ini memang akan selalu berubah seiring berlalunya waktu, bergantinya musim. Maka, biarkan saja ia berlalu.
Dan bagimu yang mungkin menjadi salah satu yang direndahkan, diremehkan, dikecewakan, atau bahkan terlupakan, biarkan saja. Ini hanyalah masalah waktu. Tak selamanya duniaberpaling darimu. Akan ada saat dunia akan berpihak padamu. Bersabarlah. Itu saja.
Dan bagimu yang mungkin menjadi salah satu yang berkuasa, punya segalanya, berkemampuan, merasa paling kuat dan hebat, terpandang, atau bahkan punya banyak tangan kanan, biarkan saja. Tapi berbesar hatilah, perhatikan sekitarmu bahwa engkau takkan begini tanpa adanya mereka yang berada di bawah levelmu. Perhatikan sekitarmu bahwa bisa jadi ada di antara mereka yang menangis karenamu. Rendahkanlah hatimu karena takkan selamanya dunia berpihak padamu. Akan ada saatnya kau merasakan posisi sebaliknya. Saling menguatkan dan mendukung satu sama lain adalah lebih baik bagimu. Berbagilah sebanyak yang kau mampu dan kau akan mengerti bahwa hidup tak selamanya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar